Liburan Hampir Usai, Ini Tips Agar Anak Semangat Kembali ke Sekolah

Rabu, 10 Juli 2019 | 12:43 WIB

Tak terasa libur sekolah sudah hampir usai. Si kecil pun kini harus siap-siap untuk kembali ke sekolah.

Masuk sekolah lagi bisa jadi momen yang membuat si kecil gelisah. Setelah liburan panjang, beberapa anak kerap malas untuk berangkat ke sekolah.

Si kecil bisa jadi susah untuk bangun di pagi hari, atau bahkan rewel karena tak mau pergi ke sekolah. Untuk menghindari 'drama' tersebut, coba lakukan tips berikut ini agar si kecil semangat kembali ke sekolah.

1. Bicarakan dengan Anak

Waktu liburan hampir usai, jangan lupa memberikannya pengertian bahwa ia sudah harus kembali ke rutinitas sekolahnya. Bila si kecil merasa malas sekolah, jangan terburu-buru membicarakan tugas dan kewajibannya selama sekolah. Ajak si kecil membicarakan teman-temannya, keseruan selama di sekolah, mata pelajaran yang si kecil suka, dan hal-hal menyenangkan lainnya yang bisa membuat ia merasa semangat kembali ke sekolah.

Katakan juga pada si kecil bila Mom akan meluangkan waktu untuk mendengarkan keluh kesahnya tentang sekolah nanti, baik karena tugas, teman-teman, ataupun guru-guru di sekolah. Maka dari itu, si kecil tak perlu takut dan malas pergi ke sekolah nanti.

2. Sesuaikan Jadwal

Untuk menghindari kejadian si kecil tidak mau masuk sekolah karena keasyikan liburan, Mom bisa membantunya menyesuaikan jadwalnya, seperti mengurangi waktu bermain si kecil beberapa hari menjelang masuk sekolah dan membantunya mengulang pelajaran semester lalu. Tak perlu semuanya, secara garis besar untuk membantunya mengingat, cukup kok, Moms.

Setelah itu, atur jadwal si kecil selama sekolah nanti, seperti kapan waktu untuk mengerjakan tugas, main, dan istirahat.

3. Pastikan anak tetap fit

Menjelang masuk sekolah, pastikan kondisi si kecil tetap fit dan sehat. Bila perlu, cek kondisi kesehatan dan berikan si kecil nutrisi yang cukup. Pastikan juga si kecil cukup istirahat.

4. Bantu siapkan keperluan sekolah

Ajak dan bantu si kecil menyiapkan keperluan sekolahnya, Moms. Selain bisa mencegah adanya drama di hari pertama sekolah karena barang-barang yang tertinggal dan kelupaan, mengajaknya menyiapkan keperluan sekolah sendiri sekaligus menjadi momen untuk mengajarkannya bertanggung jawab atas kewajibannya.

Bila perlu, ajak si kecil membeli peralatan sekolah baru. Biarkan si kecil memilih keperluan sekolah yang sesuai dengan seleranya, agar si kecil semakin semangat sekolah.

5.Tidak tidur larut malam

Beberapa hari menjelang masuk sekolah, bantu si kecil mengembalikan kebiasaan tidurnya sebelum liburan. Pastikan si kecil tidak tidur larut malam, dan jangan biarkan si kecil bangun siang. Hal itu pening untuk melatih si kecil agar tidak kesiangan dan malas bangun di hari Senin nanti.

6. Siapkan sarapan

Senin nanti, pastikan si kecil kembali ke sekolah dalam keadaan yang fit dengan menyiapkan sarapan untuknya. Sarapan bagus untuk si kecil, karena bisa menambah energi, meningkatkan konsentrasi, dan meningkatkan kecerdasannya. Di hari pertama kembali ke sekolah ini, tawarkan si kecil ingin sarapan apa, agar semangat, Moms.

7. Sajikan bekal yang kreatif

Selain menu sarapan, jangan lupa pikirkan ide bekal untuk si kecil. Bila si kecil termasuk yang sulit makan, bawakan si kecil bekal dengan bentuk yang lucu dan menu yang bervariasi. Ide bekal yang disiapkan dari sekarang dapat membantu Mom agar nanti tidak kebingungan ingin menyiapkan bekal apa, Moms.

 

 

 

 

Sumber: kumparan

Bagikan ke :